Alhamdulillah, pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di MA Syubbanul
Wathon telah berlangsung dengan lancar pada Rabu dan Kamis, 6–7 Agustus 2025. Kegiatan ini
diikuti oleh 50 siswa-siswi kelas XI yang terpilih secara acak melalui sistem sampling dari
Kemendikbudristek.
ANBK merupakan program evaluasi yang dirancang oleh pemerintah untuk meningkatkan mutu
pendidikan secara nasional. Berbeda dengan ujian nasional sebelumnya, ANBK tidak lagi
mengevaluasi capaian individu siswa, melainkan mengukur dan memotret mutu pembelajaran
dan lingkungan pendidikan melalui tiga instrumen utama, yaitu:
- Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) – mengukur literasi membaca dan numerasi
siswa, - Survei Karakter – menggali nilai-nilai karakter siswa, dan
- Survei Lingkungan Belajar – diisi oleh guru dan kepala madrasah untuk menilai kondisi
lingkungan pembelajaran.
Pelaksanaan ANBK di MA Syubbanul Wathon dilaksanakan dalam dua sesi, bertempat di
laboratorium komputer madrasah dengan dukungan fasilitas yang memadai. Tim teknisi dan
proktor telah bekerja keras memastikan seluruh perangkat berjalan optimal demi kelancaran
asesmen. Para siswa tampak antusias dan serius mengikuti setiap sesi yang diberikan,
mencerminkan semangat belajar dan kesiapan dalam menghadapi tantangan pendidikan masa
depan.
Pengawasan ANBK dilaksanakan secara silang sesuai prosedur resmi dari Kementerian. Pada
pelaksanaan tahun ini, dua orang pengawas dari MA API Al Huda Magelang, yaitu Ibu Vita Rizqi
Amanda, S.Kom dan Ibu Zumrotul Affiyah, S.Pd, hadir untuk memastikan pelaksanaan asesmen
berjalan sesuai dengan standar dan ketentuan yang berlaku.
Kepala Madrasah, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa ANBK bukan sekadar ujian, tetapi
langkah penting menuju perbaikan sistem pendidikan yang berkelanjutan. Hasil asesmen ini
akan menjadi dasar pengambilan kebijakan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di
madrasah ke depannya.
Dengan pelaksanaan ANBK yang tertib dan lancar ini, besar harapan seluruh civitas MA
Syubbanul Wathon agar hasilnya dapat memberikan gambaran objektif serta menjadi pijakan
kuat untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, karakter, dan budaya belajar siswa di
lingkungan madrasah.

