VISI MISI

Visi Madrasah Aliyah Syubbanul Wathon

Terwujudnya lulusan Madrasah Aliyah Syubbanul Wathon yang Ulil Azmi (Unggul, Ilmiah, Amaliyah, Zuhud, Madani)

Berdasarkan visi di atas, dirumuskan beberapa indikator capaian visi sebagai berikut:

  1. Unggul
    • Prestasi akademik yang tinggi dalam mata pelajaran utama dan tambahan.
    • Pengembangan potensi siswa dalam bidang akademik, seni, olahraga, dan lain-lain.
    • Partisipasi aktif dalam olimpiade atau kompetisi tingkat regional /nasional /internasional.
    • Penguasaan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan problem solving.
  2. Ilmiah
    • Aktif dalam kegiatan riset, penelitian, atau proyek ilmiah.
    • Kemampuan menganalisis informasi, menyusun argumen berdasarkan bukti, dan menarik kesimpulan logis.
    • Berpartisipasi dalam forum diskusi, seminar, atau lokakarya ilmiah.
  3. Amaliyah
    • Mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari dengan konsistensi.
    • Berperilaku baik, beretika, dan menunjukkan nilai-nilai moral dalam interaksi sosial.
    • Aktif dalam kegiatan sosial, kepedulian terhadap sesama, dan kontribusi positif bagi masyarakat.
  4. Zuhud
    • Menunjukkan sikap rendah hati dan tidak berlebihan dalam mengejar materi dan dunia duniawi.
    • Mengutamakan kebutuhan dasar daripada kesenangan berlebihan.
    • Menghindari sikap boros, mementingkan kebersihan hati dan niat dalam segala hal.
  5. Madani
    • Mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik dan efektif dalam berbagai lingkungan dan situasi.
    • Bersikap inklusif dan menghargai keragaman budaya, agama, dan pandangan.
    • Terlibat dalam inisiatif dan kegiatan yang membangun masyarakat, seperti program sosial, kerja sama lintas agama, dan lain-lain.

Misi Madrasah Aliyah Syubbanul Wathon

Mengacu dari visi Madrasah Aliyah Syubbanul Wathon, maka misi Madrasah Aliyah Syubbanul Wathon dapat diwujudkan dengan misi sebagai berikut:

  1. Representasi dari visi Unggul:
    • Meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran secara berkelanjutan.
    • Menerapkan kurikulum yang relevan dan inovatif.
    • Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.
    • Mengoptimalkan peran tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional.
    • Menciptakan iklim belajar yang kondusif dan menyenangkan.
  2. Representasi dari visi Ilmiah:
    • Mengembangkan budaya membaca dan menulis.
    • Mendorong siswa untuk melakukan penelitian dan karya ilmiah.
    • Mengadakan kegiatan ilmiah yang bersifat kompetitif.
    • Membentuk komunitas ilmiah di sekolah.
  3. Representasi dari visi Amaliyah:
    • Menanamkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.
    • Mengoptimalkan peran masjid sebagai pusat kegiatan keislaman.
    • Mengadakan kegiatan keagamaan yang bersifat rutin dan terprogram.
    • Membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia.
  4. Representasi dari visi Zuhud:
    • Menanamkan nilai-nilai kesederhanaan dan keikhlasan.
    • Mengajarkan siswa untuk hidup hemat dan tidak bermewah-mewahan.
    • Mendorong siswa untuk peduli terhadap sesama.
    • Membentuk siswa yang mandiri dan tidak bergantung pada orang lain.
  5. Representasi dari visi Madani:
    • Menanamkan nilai-nilai demokrasi, toleransi, dan persatuan.
    • Mengajarkan siswa untuk hidup rukun dan berdampingan dengan sesama.
    • Membentuk siswa yang cinta tanah air dan bangsa.
    • Mengadakan kegiatan yang bersifat kemasyarakatan.